Kamis, 13 September 2012

PAL-AFV TONGGAK AWAL MAIN BATTLE TANK INDONESIA ( MBT GATOT KACA)


Sukses memodifikasi tank amfibi BTR-50 TNI-AL, kali ini PT.PINDAD bekerjasama dengan PT PAL membangun tank amfibi angkut pasukan terbaru dengan nama Armoured Floating Vehicle (PAL-AFV).

Dibangun dengan mengacu pada BTR-50PM, PAL-AFV mempunyai bentuk dan spesifikasi teknis yang tidak jauh berbeda. Perbedaan mencolok hanya pada penggunaan mesin Diesel inline 8 silinder yang dipakai, sehingga tenaga yang dihasilkan mampu mencapai 300Hp.

Kemampuan jelajahnya pun bertambah dari 400Km menjadi 480Km. Untuk kecepatan bertambah dari 50Km/jam menjadi 60Km/jam dijalan normal. Namun bobot kendaraan juga bertambah menjadi hampir 15 ton.

Untuk kemampuan daya angkut personil tidak berbeda dengan BTR-50. Yakni 3 awak tank dan 14 pasukan, dengan kemampuan operasional (endurance) selama 8 jam.

Hal ini juga makin memperjelas Transfer of Technology (ToT) antara RI (diwakili PINDAD) dan Korea dalam hal penguasaan teknologi suspensi dan roda penggerak rantai. Yaitu guna menunjang pengembangan panser amfibi ini (PAL-AFV), 

Bersamaan dengan Transfer of Technology Indonesia diharapkan mampu menjadi tongggak awal dalam menginovasi MBT made in Indonesia yang saya yakini PT. Pindad dan PT. PAL sanggup membuat MBT buatan dalam negeri dan Saya sendiri memberi saran bahwa nama yang patut disandang oleh  MBT indonesia kelak adalah MBT Gatot Kaca. Karena nama Gatot Kaca terkenal dengan filosofi dan syarat akan makna baik kekuatan ataupun daya guna.  seperti Urat Kawat ,Tulang Besi,Kulit Baja dan sakti Mantra Guna titisan Dewata (tuhan YME) bagi Indonesia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar